Makanan Sehat Untuk Diet Yang Lezat Dan Bergizi


Greek yogurt
Kandungan protein dalam greek yogurt hampir dua kali lebih banyak dari yogurt biasa. Makanan sehat untuk diet ini dicerna lebih lama di dalam perut sehingga membuat Anda tidak cepat lapar.
Teh hijau
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau membantu menurunkan berat badan. Caranya dengan merangsang tubuh untuk membakar lemak.Teh hijau juga mengandung catechin yaitu antioksidan dan flavonoid pelawan penyakit. Semakin lama teh diseduh, semakin banyak pula flavonoid yang Anda dapatkan.
Sayur dan buah yang mengandung banyak air
Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi makanan kaya air memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dan lingkar pinggang lebih kecil. Para peneliti berspekulasi bahwa air dalam makanan membuat perut penuh, hingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Contoh sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air adalah brokoli, kubis atau kol, kembang kol, selada, bayam, semangka, pir, apel, dan buah beri,
Telur
Sebutir telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein, dan nutrisi lainnya. Satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan dapat menurunkan berat badan sama besarnya ketika mengonsumsi roti bagel. Telur diduga dapat menekan nafsu makan jauh setelah sarapan. Namun, jika Anda menderita kolesterol tinggi, disarankan untuk mengonsumsi putih telur yang bebas kolesterol. Atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin makan telur.
Polong-polongan
Polong-polongan merupakan penganan sumber protein yang sarat gizi, murah, dan serbaguna. Makanan sehat untuk diet ini juga tinggi serat dan lambat dicerna di dalam tubuh, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan enggan makan lebih banyak.
Cokelat hitam
Cokelat hitam dapat memperlambat pencernaan hingga Anda merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Makanan sehat untuk diet ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa membuat tubuh membakar lemak dan kalori.
Kacang-kacangan
Segenggam kecil kacang tanah, almond, walnut, atau pecan bisa dijadikan camilan sehat untuk diet. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah kacang secara otomatis mampu membuat kita makan lebih sedikit nantinya.
Ikan
Sebagian besar ikan memiliki kandungan lemak yang rendah tapi mengandung asam lemak omega-3 cukup tinggi, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya. Beberapa contohnya adalah ikan salmon, herring, dan ikan berlemak lain.
Ubi
Ubi kaya akan kalium, beta-karoten, vitamin C, dan serat. Ubi panggang sudah kaya akan rasa hingga Anda tidak perlu tambahan mentega, saus, atau keju yang mengandung kalori.
Berbagai makanan sehat untuk diet di atas tak hanya bisa membantu Anda melangsingkan tubuh, tapi juga enak dalam hal cita rasanya. Anda pun tak perlu sedih atau ribet jika ingin menjaga pola makanan. Tapi dianjurkan untuk menanyakan dulu pada dokter atau ahli gizi sebelum Anda mulai menjalankan diet.

Komentar